Kunker Perdana 2024, Pj. Gubernur Ali Baham Canangkan Penanaman 1 Hektar Lahan Jagung di Kaimana
By: Administrator

KAIMANA - Menjalankan program nasional dan mendukung ketahanan pangan lokal, Penjabat Gubernur Papua Barat, Drs. Ali Baham Temongmere,MTP didampingi Bupati Kabupaten Kaimana mencanangkan penanaman jagung, simbolis pada luasan areal satu hektar berlokasi di Jl. Batu Putih, Distrik Krooy. Sinergitas yang telah dilakukan akan diterapkan secara menyeluruh meliputi semua kabupaten Se-Papua Barat, mendorong partisipasi masyarakat meningkatkan produksi pangan secara mandiri, Rabu (10/1/2024) sore.

Dijelaskan Pj. Gubernur Ali Baham, arahan yang sama juga dipaparkan saat rapat koordinasi bersama Mendagri mengenai inflasi daerah. Disampaikan jagung salah satu komoditas penyumbang, selain bawang dan lainnya.

"Arah diversifikasi pangan, non beras adalah jagung sehingga gerakan ini tidak boleh berhenti. Setelah ini kami akan sinergikan lagi langkah-langkah target kita lakukan. Dalam kondisi apapun masyarakat harus dipastikan sehat, aman, bebas penyakit, kaitan dengan makan tidak boleh kelaparan," Ujarnya.

Dirinya juga mengingat motto lima (5) B untuk dipedomani diantara Bangga menanam, bangga menjual, bangga membeli, bangga memasak dan bangga makan. Semua pihak diminta memanfaatkan pekarangan dengan bercocok tanam mengantisipasi krisis pangan.

Selanjutnya bagi masing-masing OPD wajib memperhatikan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) yang berfokus sesuai instruksi pusat untuk dijalankan di daerah.

"Jangan tanam saja baru orang lain makan, ini yang dihubungkan dengan produksi, distribusi dan pasar. Kita bisa kendalikan agar stabilitas terjadi. Kelompok tani diajak dan nanti masing-masing punya kebun," Terangnya.

Bupati Kabupaten Kaimana, Fredy Thie menyambut baik perhatian pemerintah provinsi Papua Barat dengan kehadiran langsung Pj. Gubernur saat pencanangan. Menurutnya apa yang digagas saat ini menjadi pemicu pengembangan potensi pangan lokal dapat terus digalakkan. Selain itu juga diserahkan bantuan bibit kepada sembilan kelompok tani.

"Kegiatan program penanaman ini kita sangat senang, bukan hanya jagung tapi kearifan dan cinta produk lokal. Merangsang semua OPD dan masyarakat supaya pekarangan mari kita budaya tanam sayur-mayur dan lain. Perubahan sangat berpengaruh semua sektor," Tambahnya.

Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Kaimana, Alexander Furay turut menjabarkan ragam manfaat dari jagung. Dilaporkan juga luasan lahan lainnya telah dipersiapkan, untuk tahun 2025 mendatang bakal dicanangkan penanaman padi ladang.

Pantauan Media Diskominfo Papua Barat rombongan pimpinan OPD yang turut mendampingi Gubernur diantaranya Plt. Sekda, Staf khusus Pj. Gubernur, Kepala Bappeda Papua Barat, Kepala BRIDA, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata, Kepala DPMPTSP, Kadis Koperasi dan UKM, Plt. Kadis Perindag, Kepala Kesbangpol, Karo Perekonomian, Karo Administrasi Pimpinan, Pj. Ketua TP PKK dan Pj. Ketua Dharma wanita Papua Barat.

Penulis : Givenly Frans


Komentar
0 Komentar