Buka Lomba Cipta Menu Berbasis B2SA, Pj. Gubernur ABT : Pentingnya Dimensi Kesadaran Gizi Melalui Edukasi
By: Administrator

MANOKWARI-Penjabat Gubernur Papua Barat, Drs. Ali Baham Temongmere, MTP, menghadiri sekaligus membuka kegiatan lomba cipta menu kreasi pangan lokal berbasis B2SA ( Beragam Bergizi Seimbang dan Aman ) tingkat provinsi Papua Barat tahun 2024.

Acara dipusatkan pada salah pusat perbelanjaan dalam kota Manokwari, sabtu, ( 08/06/2024 ).

Dalam kesempatan itu Pj. Gubernur ABT, menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan tersebut. Dimana kata orang nomor satu di Papua Barat ini, bahwa dimensi kesadaran gizi dapat terealisasi melalui aspek edukasi, pendidikan dan promosi.

"Saya selaku Pj. Gubernur atas nama pemerintah, pribadi dan keluarga mengucapkan selamat datang kepada peserta. Saya harap melalui kegiatan lomba ini merupakan salah satu pengenalan kepada masyarakat tentang mengkonsumsi pangan B2SA,"ujar Pj. Gubernur ABT.

Lebih lanjut masih menurut Pj. Gubernur ABT, bahwa Kegiatan lomba B2SA telah sejalan dengan penurunan stunting, yang terus di upayakan pemprov Papua Barat. Salah satunya adalah diversifikasi pangan melalui program 5B, yakni bangga menanam, bangga menjual, bangga membeli, bangga memasak dan bangga memakan.

"Ini menjadi penting, karena sejalan dengan upaya penurunan stunting, kemiskinan ekstrim, maka perlu ada upaya diversifikasi pangan 5B. Kita memiliki potensi ketersediaan lahan untuk membudidayakan buah dan sayuran lokal,"ungkap Pj. Gubernur ABT.

Sebelumnya, ketua TP PKK provinsi Papua Barat, Ny. Siti Mardiana Temongmere, SE, juga dikesempatan itu menyebut, bahwa kampanye program diversifikasi pangan dan pangan lokal, konsumsi pangan B2SA serta gemar makan ikan dan sumber protein lainnya, merupakan program prioritas hasil keputusan rakernas PKK ke IX tahun 2021 yang wajib dilaksanakan.

"Ini perlu kita lakukan, karena kita masyarakat yang tinggal di kota di perhadapkan dengan gaya hidup mengkonsumsi makanan cepat saji. Para orang tua dengan kesibukan tertentu, sering menyediakan makanan siap saji kepada anak sehingga menyebabkan ketergantungan,"sebut Ny. Siti Mardiana.

Hadir dalam kegiatan, Pj. Sekda Papua Barat, Dr. Yakop. S Fonataba beserta sang isteri Pj. ketua Dekranasda Papua Barat, Ny. Ria Fonataba, kepala dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura provinsi Papua Barat, Lasarus Ullo, Direktur RSU provinsi Papua Barat, dr. Arnold Tiniyap, para peserta lomba dari kabupaten se-Papua Barat serta tamu undangan lainnya.

Penulis : Simon Patiran

Foto: Fauzan Nurlete


Komentar
0 Komentar