Diseminasi dan Evaluasi Hasil Program Landasan Papua Barat

Program Landasan yang didukung oleh KOMPAK-BaKTI akhirnya tiba di ujung kegiatan. Tahun 2022 menandai akhir pelaksanana program yang sudah berjalan sejak tahun 2017 di Provinsi Papua dan Papua Barat. Sejak akhir tahun 2020, program Landasan juga mendukung pelaksanaan PROSPPEK Otsus di Provinsi Papua Barat.

Lewat berbagai kegiatan, program Landasan sudah melaksanakan banyak kegiatan yang mendukung pelaksanaan PROSPPEK Otsus yang tujuannya beririsan dengan tujuan program Landasan. Berbagai hasil telah dicapai dan berbagai catatan positif pun telah ditorehkan lewat kerja sama ini.

Menjelang akhir pelaksanaan program Landasan ini, mitra pembangunan KOMPAK-BaKTI menggelar kegiatan Desiminasi dan Evaluasi Hasil Kegiatan yang digelar di Hotel SwisBell In, Manokwari 4 Maret 2022. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menjelaskan beragam kegiatan dan capaian yang telah diraih selama pelaksanaan program, serta evaluasi dan masukan untuk perbaikan pelaksanaan program di masa yang akan datang.

Peserta yang hadir sebagian besar datang dari Sekretariat Bersama (Sekber) PROSPPEK-Otsus, Kepala Dinas Kesehatan, dan mitra lain seperti Badan Pusat Statistik yang salah satunya diwakili oleh Kepala BPS Provinsi Papua Barat.

Diseminasi dan Evaluasi Kegiatan Program Landasan

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Legius Wanimbo, Kabid Perencanaan Otsus Bappeda Papua Barat yang mewakili Kepala Bappeda Papua Barat. Dalam sambutannya, Legius Wanimbo sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh tim KOMPAK-BaKTI dan program Landasan yang sudah menjadi mitra pembangunan Pemerintah Provinsi Papua Barat. Menurut Legius Wanimbo, kerja sama yang terjalin selama ini sangat memberikan efek positif dalam pelaksanaan pembangunan di Papua Barat.

Dalam kegiatan ini, Project Manager Landasan Papua Barat, Ottow G. Sineri memaparkan beragam capaian kegiatan yang telah dicatatkan oleh Landasan selama berjalannya program. Capaian tersebut mulai dari jumlah kader terlatih, beragam produk hukum yang menjamin keberlanjutan program, hingga sinergi perencanaan yang berjalan di empat kabupaten dampingan program Landasan, yaitu Manokwari Selatan, Kabupaten Sorong, Kabupaten Fakfak, dan Kabupaten Kaimana.

Selain Ottow G. Sineri, dari tim komunikasi KOMPAK-BaKTI, Syaifullah juga memaparkan beberapa kegiatan komunikasi yang telah dilaksanakan sejak 2021. Kegiatan komunikasi ini dimaksudkan untuk mendukung kegiatan Landasan dan PROSPPEK-Otsus yang telah berjalan.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan diskusi terfokus dengan beberapa pertanyaan kunci. Diskusi ini dimaksudkan untuk menjaring masukan dari para peserta tentang tata kelola program, proses, dan pelibatan pihak lain. Harapannya, masukan ini bisa menjadi dasar untuk merencanakan program yang lebih baik di masa yang akan datang.

Legius Wanimbo menutup kegiatan ini dengan harapan semoga kerjasama antara Provinsi Papua Barat dengan mitra pembangunan tetap akan terjalin di kemudian hari, meski dengan nama berbeda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *