Pelatihan Media Handling untuk Humas dan Sekber PROSPPEK Otsus

Media telah menjadi mitra strategis untuk program PROSPPEK Otsus. Semua informasi tentang pelaksanaan program, baik itu perencanaan maupun realisasi tentu menjadi sangat penting untuk disebarkan ke masyarakat lewat media. Karena itu, hubungan dengan media menjadi sangat penting. Membangun relasi dan kerja sama dengan media adalah salah satu bagian yang penting dalam pelaksanaan PROSPPEK Otsus.

Menjalin kerjasama dengan media tentu butuh skill khusus. Para pelaksana program, dituntut bisa memaparkan atau menjelaskan tentang program, mengangkat dan menceritakan fokus program atau perkembangan program, bahkan dapat menjawab pertanyaan yang dianggap tajam atau kritis. Di sisi lain, kemampuan menangani media tentu sangat berguna ketika beberapa isu kontroversial atau polemik muncul di permukaan. Tujuannya agar semua isu atau polemik tersebut bisa diredam dan tidak menjadi bola liar.

Karena pentingnya skill tersebut maka Sekretariat Bersama (Sekber) PROSPPEK Otsus Papua Barat bersama mitra pembangunan KOMPAK-BaKTI merancang kegiatan peningkatan kapasitas pelatihan media handling untuk para anggota Sekber PROSPPEK Otsus Provinsi dan Kabupaten, anggota Biro Humas, protokoler, dan administrasi pimpinan.

Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan Sekber PROSPPEK Otsus Provinsi Papua Barat dan empat kabupaten yang telah memiliki Sekber PROSPPEK Otsus yaitu: Kabupaten Manokwari Selatan, Kabupaten Sorong, dan Kabupaten Kaimana.

Pelatihan media handling

Kegiatan yang digelar di Hotel SwissBelin Manokwari tanggal 14 Oktober 2021 ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas para peserta terkait membina hubungan dengan media. Mulai dari bagaimana menentukan informasi apa saja yang dapat diteruskan kepada media, bagaimana menangani wawancara dari media, serta membuat rilis media yang tepat.

Sebagai pemateri dihadirkan Zulkarnain Hamson, S.Sos. M.Si, seorang jurnalis dan praktisi media yang sekaligus juga wakil rektor IV Universitas Indonesia Timur, Makassar. Dalam materinya, Zulkarnain Hamson akan memberikan perspektif kepada peserta bagaimana membuat rilis pers yang tepat, dan bagaimana merespon wawancara dari media serta tentu saja bagaimana menjalin komunikasi dengan media.

Selain Zulkarnain Hamson, kegiatan yang dibuka oleh Asisten II Pemerintah Provinsi Papua Barat, Melkias Warinusa ini juga menghadirkan narasumber dari Sekber PROSPPEK Otsus Papua Barat, Legius Wanimbo. Legius Wanimbo yang sehari-harinya sebagai Kabid Perencanaan Otsus BAPPEDA Provinsi Papua Barat memberikan pengantar yang menjelaskan tentang program PROSPPEK Otsus yang sedang berjalan di Papua Barat.

Pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan kapasitas anggota Sekber PROSPPEK Otsus, anggota Biro Humas, protokoler, dan administrasi pimpinan dalam menjalin kerja sama dan kemitraan dengan media. Hal ini tentu dianggap penting karena peran media yang sangat strategis dalam mempromosikan dan mengawasi jalannya sebuah pemerintahan, tidak terkecuali di Provinsi Papua Barat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *