Merajut Kebhinekaan, Harmonisasi Papua Barat Untuk Indonesia

MANOKWARI- Kodam XVIII Kasuari menggelar Harmonisasi Papua Barat dalam rangka memperingati Hut TNI Ke-76 dan dukungan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021 di Provinsi Papua, serta memelihara persatuan dan kesatuan bangsa. Turut hadir Gubernur Drs. Dominggus Mandacan, M.Si dan Kapolda Papua Barat, Irjen Pol Dr. Tornagogo,S.I.K., M.Si, Rabu (29/9/2021).

Kegiatan spesial yang melibatkan keberagaman seluruh Suku, Agama, Ras dan Budaya mengusung tema “Melalui kearifan lokal Papua Barat kita tingkatkan persatuan dan kesatuan bangsa”.

Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan menuturkan kemajuan daerah hingga saat ini tidak terlepas dari kerjasama seluruh lapisan masyarakat, baik Orang Asli Papua maupun Suku Nusantara. Hal tersebut tentunya wajib dirawat dan ditingkatkan sebagai persatuan dan kesatuan dalam bingkai Negara Republik Indonesia.

“Saya ajak kita keluarga besar Papua, Papua Barat, Manokwari, apa yang orang tua sudah letakan kita anak cucu jaga dan lanjutkan. Kegiatan Harmonisasi Papua Barat pada saat ini merupakan momen yang dipakai mempersatukan kita semua,” Ujar Gubernur.

Masyarakat Papua Barat diminta untuk setia memanjatkan Doa bagi para atlit yang siap bersaing dengan 33 Provinsi pada perhelatan PON XX 2021 agar sekiranya menciptakan sejarah, mengukir prestasi dan membawa pulang medali.

“Selain itu penyelenggaraan bertujuan agar masyarakat Papua Barat turut mendukung sukseskan PON XX di Provinsi Papua. Kita berdoa, kita dukung atlit dan duta-duta Papua barat yang mewakili kita semua hadir di PON akan dibuka tanggal 2 Oktober 2021 oleh Presiden Republik Indonesia di Jayapura,” Sambungnya.

Panglima Kodam XVIII Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa,S.E.,M.Tr (Han) menambahkan sinergitas bersama lembaga dan seluruh komponen masyarakat menjadi kunci kekuatan menghadapi tantangan. Kagiatan ini bukan sekedar silaturahmi semata, tetapi lebih kepada merawat, melelihara dan meningkatkan hubungan lebih harmonis. Keberagaman segoiyahnya menjadi spirit tersendiri memajukan Tanah Papua Barat yang dicintai bersama.

“Kita sebagai bangsa yang beragam harus membangun harmonisasi. Yang terpenting adalah berbeda tetapi bersama-sama membangun tanah Papua Barat, membangun Indonesia,” Tambah Pangdam XVIII Kasuari.

Untuk diketahui, Provinsi Papua Barat memiliki sistim kelembagaan adat yang memiliki peran serta fungsi dalam aspek politik, ekonomi, sosial, budaya dan hukum. Pangdam menegaskan keluarga besar TNI sebagai mitra Pemerintah akan tetap mendukung stabilitas Papua Barat.

“Melalui Harmonisasi Papua Barat ini dapat menggugah masyarakat untuk lebih cinta tanah air. Masyarakat Papua Barat turut mendukung dan mensukseskan PON XX 2021 di Papua,” Tandasnya. [kpb_01]

 

Sumber : https://diskominfoperstatik.papuabaratprov.go.id/home/2021/09/29/merajut-kebhinekaan-harmonisasi-papua-barat-untuk-indonesia/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *