Taman Bersejarah Teluk Youtefa Butuh Perhatian

Posted by: | Posted on: March 28, 2015

Kondisi sejumlah fasilitas di Taman bersejarah Teluk Youtefa memprihatikan mulai dari dermaga, dangkalnya sungai, sampah sampai musnahnya biota laut.

“Kita lihat kondisi seperti dermaga, sungai yang dangkal, sampah kurangnya biota laut yakni ikan. Jadi pemerintah sudah harus memperhatikan taman bersejarah teluk Youtefa ini,”tandas Yonice Hamadi salah seorang warga yang sedang santai di dermaga Teluk Youtefa kepada Papua Pos, Kamis (12/2) kemarin.

Menurutnya, perlu perhatian dan keseriusan pemerintah, semisal dermaga yang kondisinya rusak, kalau sudah terlihat ada  perbaikan terhadap dermaga tersebut,”tapi realisasi baru pada pemasangan paku bumi saja,”cetusnya.

Sedangkan tindak lajutnya masih belum terealisasikan, kemudian lanjut dia untuk kedangkalan sungai, juga belum dilakukan tindakan pengerukan oleh pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura.

Selain itu juga, banyaknya sampah di bantaran kali, sampai muara Teluk Youtefa yang mengendap di hutan bakau.”Belum ada tindakan positip bagaiamana membersihkan sampah sampah rumah tangga, sampah botol mineral dan sebagianya,”kata Yonice.

Disinggung biodata laut, menurutnya berkurang dari hasil tangkapan ikan oleh para nelayan.”Para nelayan memilih menjaring, kalau memancing perlu dua tiga hari, baru bias dijual ke pasar,”jelasnya.

Hal yang sama juga terlontarkan  Edward salah satu warga. Edward mengungkapkan, pemerintah harus memperhatikan secara baik sejumlah fasilitas yang ada di Teluk Youtefa.

“Ya, pemerintah harus cepat merealisasikan dermaga, pendangkalan, dan sampah –sampah botol air mineral, lalu pemerintah juga perhatikan dengan baik bagaimana supaya teluk Youtefa menjadi tempat wisata yang nyaman dan aman disiang dan malam hari,” pintanya.[cr-82, papuapos.com]